7 fitur AI di Google Pixel 9 Series, Gemini Live salah satunya
7 fitur AI di Google Pixel 9 Series, Gemini Live salah satunya

KOMPAS.comGoogle meluncurkan smartphone barunya yakni seri Pixel 9 dalam acara bertajuk “Made by Google“. Pada Kamis 15/8/2024 waktu Amerika Serikat.

Smartphone tersebut terdiri dari Pixel 9 reguler, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold. Keempat smartphone ini ditenagai chipset terbaru perusahaan, yakni Tensor G4.

Tak hanya itu, seri Pixel 9 juga dibekali sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI). Fitur ini tersedia berkat integrasi model AI Gemini dengan Android.

Salah satu fitur AI pada seri Pixel 9 adalah Gemini Live, asisten digital yang menjadi asisten bawaan di ponsel baru Google. Berikut detail fitur Gemini Live dan fitur AI lainnya di seri Pixel 9.

Gemini Live Made by Google

Gemini Live pertama kali diumumkan oleh Google pada acara peluncuran Made by Google. Menurut Google, Gemini Live menawarkan pengalaman ngobrol gratis dengan chatbot Gemini.

Sederhananya, Gemini Live merupakan sejenis Google Assistant yang didukung kecerdasan buatan (AI), di mana penggunanya bisa memberikan berbagai perintah atau bertanya melalui suara.

Salah satu perbedaannya dengan Assistant, Gemini Live lebih leluasa saat chatting. Pengguna bahkan dapat menginterupsi respons Gemini Live jika ingin meminta penjelasan lebih lanjut, atau menjeda obrolan dan melanjutkannya di lain waktu.

Pengalaman ini diklaim membuat Gemini Live serasa punya teman dekat di saku.

Google juga membekali Gemini Live dengan 10 versi suara berbeda. Pengguna dapat memilih versi mana saja yang diinginkan dan kemudian menggantinya dengan versi lain di lain waktu.

Asisten suara AI ini dapat berjalan di latar belakang atau bahkan saat smartphone terkunci. Saat ini Gemini Live dirilis dalam bahasa Inggris untuk pelanggan Gemini Advanced (versi chatbot Gemini paling canggih dan berbayar saat ini) di Android.

Circle to search

Google meningkatkan fitur Circle to search pada seri Pixel 9. Selain dapat melingkari objek agar lebih mudah ditemukan, fitur ini kini dapat memotong objek yang dipotong menjadi ukuran proporsional seperti foto. Jadi, pengguna nantinya bisa membagikan gambar ini melalui pesan teks atau email.

Editing AI

Google juga menyertakan dukungan AI pada kamera dan fitur pengeditan di seri Pixel 9. Beberapa di antaranya adalah fitur “Tambahkan Saya” yang memungkinkan pengguna menambahkan seseorang ke foto yang diambilnya.

Pada dasarnya fitur ini menggabungkan dua foto dengan bingkai yang sama menjadi satu. Misalnya, ketika pengguna mengambil foto kedua temannya, lalu berganti posisi, maka fotografer pertamalah yang diambil.

Satu lagi adalah “Reimagine” yang memungkinkan pengguna menambahkan elemen baru pada foto, misalnya dedaunan yang berguguran di musim gugur agar rumput terlihat lebih hijau, dan lain sebagainya.

Transkrip telepon

Seri Pixel 9 juga dilengkapi dengan fitur Call Notes. Fitur ini secara otomatis akan menyimpan ringkasan atau transkrip panggilan suara tersebut. Misalnya catatan tentang jadwal pertemuan yang disepakati melalui telepon, alamat atau hal lainnya.

Menurut Google, fitur ini disematkan pada perangkat, memastikan data hanya diproses di perangkat terkait tanpa dikirim ke server Google.

Pixel Screenshots

Dengan seri Pixel 9, Google juga memperkenalkan aplikasi Pixel Screenshot. Setelah pengguna memberikan izin akses, aplikasi ini akan mengidentifikasi file yang dianggap sebagai tangkapan layar dan juga mengenali apa yang ada di gambar terkait.

Kemudian aplikasi akan menyarankan kurasi gambar sesuai dengan konten yang dimuat ke dalam koleksi.

Jika memilih salah satu gambar screenshot dari aplikasi ini, pengguna akan menemukan judul, ringkasan, dan beberapa opsi yang dibuat oleh AI. Misalnya saja screenshot festival musik yang dibagikan di Instagram, beserta tanggal festivalnya.

Pixel Studio

Pixel Studio adalah generator gambar AI yang memungkinkan pengguna membuat gambar sketsa dari perintah teks. Dengan fitur ini, pengguna seri Pixel 9 membuat berbagai gambar animasi menarik hanya dari perintah teks.

Fitur tersebut hadir di smartphone baru Google ini berkat dukungan chipset Tensor G3 dan model AI generatif Imagen 3. Gambar yang dihasilkan melalui fitur ini kemudian dapat dibagikan melalui email atau pesan teks.

info cuaca

Google juga menggunakan AI untuk membuat laporan cuaca bagi pengguna seri Pixel 9. Informasi cuaca akan dikurasi secara spesifik sesuai dengan lokasi pengguna dan ditampilkan tepat di bagian atas tampilan aplikasi Cuaca.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga akan menampilkan prakiraan cuaca dengan lebih akurat, misalnya kapan akan mulai atau berhentinya hujan.

Baca Juga : Google Menonaktifkan Akun AdSense di Rusia

Related Post

error: Content is protected !!