Kontroversi Iklan Apple, Singgung Desain HP Android
Kontroversi Iklan Apple, Singgung Desain HP Android

KOMPAS.com – Sindiran antar vendor smartphone ini cukup sering terjadi, begitu juga antara Apple dan Google. Apple kerap menggoda sistem operasi Android.

Aksi sarkastik ini biasanya dilakukan dalam bentuk iklan. Iklan terbaru Apple juga menyindir smartphone yang dibekali dari sistem operasi Android. Nyatanya, iklan ini sempat menuai kontroversi.

Video iklan tersebut tampaknya ditujukan untuk pengguna Apple di China karena berisi teks keterangan dalam bahasa Mandarin. Dalam iklan yang dibagikan gadget leaker ternama, Ice Universe, Apple mengedepankan mekanisme mudahnya mentransfer data antar perangkat iOS atau dari Android ke iOS.

Iklan tersebut juga menampilkan iPhone dengan ponsel Android. Nah yang menjadi sorotan adalah desain HP Android yang digunakan dalam iklan tersebut. Pasalnya, Apple memilih model ponsel Android yang terbilang lawas dengan layar notch dot-drop dan bezel tebal.

Bahkan desain ini sudah jarang digunakan lagi, karena sebagian besar smartphone Android saat ini memiliki layar punch hole dan bezel yang tipis.

Sejumlah warganet mengkritik pilihan desain tersebut. Apalagi Apple memasangkannya dengan iPhone generasi baru yang memiliki layar bezel tipis dan Dynamic Island.

Namun seiring berkembangnya teknologi layar, produsen smartphone beralih ke desain layar “hollow” sehingga tidak memakan banyak ruang.

Faktanya, saat ini masih ada beberapa smartphone Android yang menggunakan desain layar notch, namun mayoritas merupakan smartphone entry-level. Sementara itu, sebagian besar smartphone kelas menengah ke atas dibekali layar dengan punch hole.

Iklan iPad Pro diprotes warganet

Seperti diberitakan sebelumnya, iklan iPad Pro yang dirilis Apple di channel YouTube-nya pada Mei 2024 pun menuai kontroversi.

Iklan bertajuk “Hancurkan!” (menghancurkan) dilengkapi mesin press hidrolik besar yang menghancurkan instrumen kreatif seperti piano, drum, gitar, dan kamera. Kemudian, alat yang hancur itu disulap menjadi tablet iPad Pro.

Video tersebut disebut-sebut sebagai iklan terburuk Apple, karena memperlihatkan hancurnya alat kreatif dan usaha manusia dalam berkreasi. Sejumlah pelaku industri kreatif dan warganet mengkritik iklan iPad Pro tersebut. Salah satunya adalah aktor asal Inggris, Hugh Grant.

Sejumlah pelaku industri kreatif dan warganet mengkritik iklan iPad Pro tersebut. Salah satunya adalah aktor asal Inggris, Hugh Grant. Dalam postingannya di X Twitter, aktor film Love Almost dan Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves itu mengatakan bahwa iklan iPad Pro menghancurkan pengalaman manusia.

“(Iklan ini menunjukkan) kehancuran pengalaman manusia. Dibuat atas izin Silicon Valley sebuah tempat di Amerika Serikat yang berkonsentrasi pada pengembangan inovasi serta teknologi,” tulisnya di akun dengan pegangan @HackedOffHugh.

Dibanjiri kritik, Apple meminta maaf. Apple juga mengonfirmasi bahwa iklan iPad Pro tidak akan dapat ditayangkan di televisi.

Baca Juga : Fakta dan Mitos Saat Charging Ponsel yang Perlu Diketahui

Related Post

error: Content is protected !!