Tecno Pamer HP Konsep Phantom Ultimate 2, Ponsel Tiga Lipatan

Tecno Pamer HP Konsep Phantom Ultimate 2, Ponsel Tiga Lipatan
Tecno Pamer HP Konsep Phantom Ultimate 2, Ponsel Tiga Lipatan

KOMPAS.comVendor smartphone Tecno memamerkan ponsel lipat terbarunya yang diberi nama Phantom Ultimate 2. Menariknya, ponsel ini berbeda dengan ponsel lipat yang sudah banyak beredar di pasaran. Karena menggunakan konsep lipat tiga horizontal, bukan dua.

Mekanisme pelipatannya bersifat zigzag sehingga bagian paling kiri layar yang dilipat juga menjadi layar sekunder ponsel.

Tecno Phantom Ultimate 2 masih berupa ponsel konsep sehingga belum diproduksi massal oleh perusahaan yang bernaung di bawah grup Transsion. Meski masih sebatas konsep, video yang Tecno bagikan mengenai Phantom Ultimate 2 terlihat menarik. Bodinya terlihat tipis dengan ketebalan 11 mm saat dilipat.

Dengan ketebalan tersebut, Tecno mengklaim Phantom Ultimate 2 merupakan ponsel lipat yang menawarkan layar ponsel berukuran besar yang bisa dimasukkan ke dalam saku.

Soal performa, jika ketiga bagian layar Phantom Ultimate 2 dibentangkan, maka bisa menampilkan tampilan yang berbeda satu sama lain dalam waktu bersamaan.

HP Lipat Tiga Layar Bisa Jadi Laptop

Pengguna juga dapat melipat salah satu bagian layar (layar kanan yang menopang kamera belakang) menjadi keyboard mirip laptop dan membiarkan dua layar lainnya menampilkan konten. Skema ini juga dapat digunakan untuk menonton film atau konten hiburan lainnya dengan menggunakan layar paling kiri sebagai pendukung.

Skema lainnya, pengguna bisa melipat layar paling kiri untuk berbagi konten, sehingga lawan bicara bisa melihat konten yang ditampilkan di layar tengah.

Tecno Phantom Ultimate 2 mengusung layar LTPO OLED berukuran 6,78 inci, resolusi 1.620 x 2.880 piksel, dan aspek rasio 4:3 saat dilipat. Saat dibentangkan, ukuran layarnya mencapai 10 inci.

Tecno mengklaim Phantom Ultimate 2 merupakan ponsel lipat pertama yang berteknologi TDDI. Yakni teknologi yang menempatkan driver layar dan sensor sentuh dalam satu chip.

Karena mengusung konsep lipat tiga layar, Phantom Ultimate dibekali dua engsel yang dikembangkan Tecno. Perusahaan ini juga mengklaim telah menguji engsel ganda hingga 300.000 kali lipat.

Meski memiliki kecanggihan, Phantom Ultimate 2 masih sebatas konsep. Tecno sendiri belum merinci kapan akan meluncurkan ponsel lipat ini ke publik. Yang jelas pengguna bisa mendapatkan gambaran tentang misi Tenco terkait ponsel lipat di masa depan.

Berkat layarnya yang besar, Phantom Ultimate 2 mendukung mode multi-window yang memungkinkan pengguna menjalankan tiga aplikasi atau lebih secara bersamaan untuk pengalaman multitasking maksimal.

Namun yang lebih menarik lagi, Tecno Phantom Ultimate 2 memiliki beberapa cara unik dalam menggunakannya. Salah satunya menjadikan ponsel ini layaknya laptop yang bagian bawahnya dilipat menjadi keyboard virtual.

Tecno belum mengungkapkan rencana pasti peluncuran perangkat lipat tiga pertamanya. Namun ponsel konsep ini menunjukkan perkembangan menarik di pasar perangkat lipat.

Baca Juga : Akan Diblokir Kominfo, Bigo Live Tingkatkan Moderasi di Indonesia

Related Post

error: Content is protected !!