Smartphone Resmi Samsung Galaxy A06, Usung Desain “Key Island”

Smartphone Resmi Samsung Galaxy A06, Usung Desain "Key Island"
Smartphone Resmi Samsung Galaxy A06, Usung Desain "Key Island"

KOMPAS.com – Raksasa teknologi Samsung resmi meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, Samsung Galaxy A06 di Vietnam, Senin (19/8/2024).

Ponsel ini mengusung desain bodi bernama “Key Island“. Key Island merupakan model penempatan tombol samping pada rangka kanan bodi yang sedikit lebih menonjol dibandingkan bagian lainnya yang berbentuk datar.

Tombol-tombol yang ditempatkan di Key Island antara lain tombol power yang terintegrasi dengan pemindai sidik jari, serta tombol volume.

Desain seperti ini sebelumnya diperkenalkan pada perangkat seri Samsung Galaxy A35 dan Galaxy A55 kelas menengah. Kini, desain Key Island juga hadir di ponsel “murah”. Bagian belakang Samsung Galaxy A06 dihiasi garis-garis vertikal yang mampu mencegah bekas sidik jari saat disentuh.

Smartphone entry-level ini mengusung chipset MediaTek Helio G85 fabrikasi 12 nm.

Chipset delapan inti (octa-core) ini sudah mencakup dua core Cortex-A75 dengan kecepatan clock maksimum 2 GHz, dan enam core Cortex-A55 dengan kecepatan clock 1,8 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang diandalkan ialah Mali-G52 MC2.

System-on-Chip (SoC) Helio G85 ditemani RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan eMMC 5.1 64 GB/128 GB. Pengguna dapat memperluas penyimpanan ini dengan menggunakan slot kartu microSD yang tersedia.

Perangkat Samsung terbaru ini memiliki layar LCD berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, rasio screen to body 82,1 persen, aspek rasio 20:9, dan kerapatan piksel 262 ppi.

Untuk fotografi, HP murah ini dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Duo kamera belakang ini diposisikan vertikal tanpa modul, dan ditemani LED flash untuk fotografi malam hari.

Harga Samsung Galaxy A06

Samsung Galaxy dijual di Vietnam pada 22 Agustus dengan varian warna biru, emas, dan putih.

Berikut harga Samsung Galaxy A06:

  • Samsung Galaxy A06 (4 GB/64 GB) – 3.190.000 Dong (sekitar Rp 1,9 jutaan)
  • Samsung Galaxy A06 (6 GB/128 GB) – 3.790.000 Dong (sekitar Rp 2,3 jutaan).

Pengguna yang membeli smartphone ini sebelum tanggal 1 Oktober akan mendapatkan adaptor charger 25 Watt. Adaptor ini tidak tersedia dalam paket penjualan, dan harus dibeli terpisah.

Segera masuk ke Indonesia

Samsung sepertinya akan memboyong Samsung Galaxy A06 ke pasar Indonesia. Indikasinya Samsung A06 sudah muncul dan terdaftar di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sertifikat Postel dari Direktorat Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh vendor ponsel sebelum menjual ponselnya di Indonesia. Bisa dibilang Samsung Galaxy A06 siap untuk masuk dan dijual di Indonesia.

Meski begitu, Samsung belum membeberkan kehadiran ponsel barunya tersebut di Indonesia.

Baca Juga : JBL Soundgear Frames: Kacamata Audio Ringan dan Nyaman

Related Post

error: Content is protected !!