SanDisk Perkenalkan SD Card 8 TB dan SSD Eksternal 16 TB Pertama

SanDisk Perkenalkan SD Card 8 TB dan SSD Eksternal 16 TB Pertama
SanDisk Perkenalkan SD Card 8 TB dan SSD Eksternal 16 TB Pertama

KOMPAS.com – Kabar gembira bagi pengguna perangkat portabel yang membutuhkan media penyimpanan berkapasitas besar. SandDisk baru saja memperkenalkan kartu SD 8 TB dan kartu microSD 4 TB pertama di dunia.

Kedua kartu memori berkapasitas jumbo tersebut diumumkan pada konferensi Future of Memory and Storage (FMS) 2024 di Santa Clara, California, Amerika Serikat, pekan ini.

Pengumuman SanDisk sebenarnya lebih berkisar pada media penyimpanan untuk AI dan enterprise. Namun produk konsumennya menarik perhatian karena besarnya kapasitas yang ditawarkan.

Kartu memori SD 8 TB dan microSD 4 TB dari SanDisk menggunakan standar UHS-I sehingga mampu mencapai kecepatan transfer data maksimal 100 MB per detik.

Dalam keterangan di situsnya, Western Digital selaku pemilik merek SanDisk mengatakan kedua kartu memori tersebut ideal untuk digunakan di smartphone, perangkat gaming portabel, drone, kamera, dan laptop.

Namun seperti dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Jumat (9/8/2024 pihak produsen penyimpanan tidak membeberkan detail lebih lanjut mengenai kedua produk tersebut. Selain itu, SanDissk juga memperkenalkan SSD eksternal pertama di dunia dengan kapasitas 16 TB, dua kali lipat dari kapasitasnya. kapasitas tertinggi sebelumnya.

SanDisk Diklaim sebagai Yang Pertama di Dunia

SanDisk mengatakan SSD eksternal 16 TB dari seri Desk Drive masih berupa bukti konsep sehingga tanggal kedatangannya belum diketahui. Sebelumnya, pada Mei lalu, SanDisk sudah meluncurkan Desk Drive berkapasitas 8 TB.

Desk Drive adalah jajaran SSD eksternal yang beroperasi dengan kabel USB dan kabel daya. Kabarnya SanDisk juga sedang mengembangkan produk SSD eksternal lainnya yang berkapasitas sama yaitu 16 TB namun tidak memerlukan kabel power tambahan karena bersifat portabel.

SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 juga mendukung Video Speed ​​Class V30, sehingga mampu mendukung kecepatan tulis 30 MB/detik. Dengan dukungan tersebut, kartu SD ini dapat digunakan untuk merekam video berkualitas 8K.

AnandTech juga mengatakan bahwa kartu SD ini mungkin mendukung mode DDR200/DDR208, sehingga kecepatannya bisa melebihi kecepatan yang ditawarkan UHS-1.

SanDisk Extreme PRO SDUC UHS-1 mungkin menawarkan kecepatan hingga 170 MB/detik seperti kartu SD SanDisk lainnya yaitu Extreme Pro SDXC 1TB. Bisa jadi WD telah memasang fitur lain yang membuat produk barunya memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi.

Belum ada informasi jadwal rilis atau harga untuk produk penyimpanan di atas. Yang jelas banderol harganya kemungkinan besar akan mahal.

Sebagai gambaran, SSD eksternal Desk Drive ini dijual degan seharga 700 dollar AS atau sekitar Rp. 11,2 juta. Sedangkan kartu memori SanDIsk Extreme pro SD UHS-I 1 TB dijual dengan harga 180 dollar AS atau sekitar Rp. 2,9 juta.

Baca Juga : GPU Radeon TX 7600, Jagoan Baru AMD Melawan Nvidia RTX 4060

Related Post

error: Content is protected !!