Liga Inggris Akan Mengganti Sistem VAR Menggunakan iPhone
Liga Inggris Akan Mengganti Sistem VAR Menggunakan iPhone

KOMPAS.com – Kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris yakni English Premier League (EPL) atau yang dikenal dengan Liga Inggris. Berencana mengganti sistem Video Assistant Referee (VAR) yang selama ini digunakan dengan iPhone.

Penggunaan iPhone sebagai VAR rencananya akan dimulai pada Premier League musim 2024-2025.

VAR, seperti namanya, merupakan teknologi berupa alat perekam video yang dapat membantu wasit dalam menentukan dan menegakkan peraturan sepak bola secara tegas, benar, dan akurat. Alat ini biasanya diawasi oleh satu atau lebih asisten wasit.

VAR biasanya digunakan untuk menentukan beberapa aturan, seperti pelanggaran, offside, penentuan bola masuk alias gol, dan lain sebagainya. Sejak musim 2019-2020, EPL selalu menggunakan berbagai perangkat kamera VAR konvensional yang ditempatkan di sejumlah titik di lapangan.

Metode VAR dalam mengambil cuplikan ulang dari rekaman video kerap menimbulkan banyak masalah dan kontroversi.

Sebab, banyak penggemar yang menganggap VAR seperti ini kurang akurat, dan memiliki waktu tunggu (delay) yang cukup lama. Terutama dalam menentukan hasil pelanggaran yang dilakukan pemain di tempat atau posisi krusial.

Pasang Puluhan iPhone di Stadion

Perusahaan ini kabarnya akan menggunakan sekitar 28 seri iPhone 14 atau iPhone 15 sebagai VAR yang akan dipasang di beberapa titik stadion. Nantinya, semua iPhone akan terhubung dalam satu sistem Genius Sports yang disebut “Dragon”.

Dragon, yang juga disebut “Semi-Assisted Offside Technology” (SAOT), adalah teknologi pendeteksi offside. Teknologi ini merupakan bagian dari sistem GeniusIQ.

Dalam prosesnya, Dragon akan mengambil data dari kamera di seluruh iPhone yang sudah dipasang sebagai perangkat VAR.

Kemudian, Dragon akan memantau pergerakan tubuh seluruh pemain yang bertanding di lapangan secara tiga dimensi menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Dapat Memantau 10.000 Titik di Tubuh Pemain

D’Auria melanjutkan, sistem VAR Dragon yang mengandalkan kamera iPhone diklaim mampu mendeteksi 7.000 hingga 10.000 titik di tubuh pemain. Sehingga posisi dan pergerakan tubuh akan menentukan apakah mereka curang atau tidak. .

Agar dapat mendeteksi secara akurat, VAR berbasis iPhone 14 ini nantinya akan dipasang pada stand yang dilengkapi dengan case ponsel dan kabel charger untuk melindungi perangkat dari air.

Dudukan ini sebenarnya fleksibel dan dapat diputar untuk memantau berbagai sudut. Namun pada saat pertandingan berjalan, stand akan bersifat statis dan tidak berubah untuk mencatat secara akurat pergerakan pemain pada suatu titik.

Kemudian, agar pergerakan pemain yang cepat dapat terdeteksi dengan baik. Dragon juga mengandalkan mode perekaman video dengan frame rate yang lebih mumpuni, yakni hingga 200 gambar per detik (frame per second/FPS). Biasanya standar perekaman video untuk siaran sepak bola adalah 50-60 FPS.

Karena banyak gambar yang dihasilkan per detiknya, VAR akan mampu menampilkan gambar lebih detail. Hal ini tentunya akan membantu wasit di lapangan untuk melihat apakah seorang pemain telah melanggar aturan bermain sepak bola atau tidak.

Namun tidak menutup kemungkinan cabang olah raga lain yang aturan dan ketentuan kompetisinya harus diawasi dengan ketat, seperti bulu tangkis, bola basket, tenis dan lain sebagainya, dapat menggunakan iPhone 14 VAR rancangan Genius Sports.

Baca Juga : Smartphone Resmi Samsung Galaxy A06, Usung Desain “Key Island”

Related Post

error: Content is protected !!