JBL Soundgear Frames: Kacamata Audio Ringan dan Nyaman

JBL Soundgear Frames: Kacamata Audio Ringan dan Nyaman
JBL Soundgear Frames: Kacamata Audio Ringan dan Nyaman

KOMPAS.comProdusen audio JBL punya solusi bagi pengguna yang ingin tampil gaya di bawah terik matahari namun tetap bisa mendengarkan musik favoritnya. Solusinya disebut JBL Soundgear Frames.

Ini merupakan produk kacamata audio berjenis sunglass pertama dari JBL yang dapat dipakai pengguna untuk melindungi mata dari sinar matahari, sambil menikmati musik. Kenapa?

Secara desain, JBL Soundgear Frames dilengkapi dengan sepasang earphone, atau bisa dibilang speaker mungil. Yang tersembunyi di pegangan kiri dan kanan perangkat.

Kedua earphone yang masing-masing memiliki driver audio berukuran 25mm x 9mm dengan diafragma tiga lapis ini berbentuk seperti kapsul berwarna abu-abu dengan motif garis-garis.

Kedua speaker mungil ini mengarah ke liang telinga saat berkacamata, sehingga suara musik tetap mudah terdengar meski tidak diletakkan di liang telinga.

Jika dibayangkan, cara kerja JBL Soungear Frames mirip dengan earphone open ear True Wireless Stereo (TWS). Artinya, pengguna tetap dapat mendengar suara sekitar saat sedang mendengarkan musik.

Soal audio, menurut kami musik yang dihasilkan perangkat ini cukup bagus, dengan efek suara bass yang ringan dan tidak melukai telinga. Tak heran karena kacamata audio ini dibuat oleh produsen audio ternama JBL.

Ringan dan nyaman

Saat pertama kali memegang JBL Soundgear Frames, jujur ​​kami terkejut mengapa bobotnya cukup berat dibandingkan kacamata pada umumnya.

Di atas kertas, perangkat ini memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi sekitar 160 x 150 x 53 mm dengan bobot sekitar 52 gram. Lebih berat dibandingkan kacamata biasa yang bobotnya berkisar 20-40 gram.

Dengan bobot sebesar itu, kami khawatir telinga atau hidung kami akan cepat perih dan iritasi jika menggunakan alat ini dalam jangka waktu lama.

Namun saat digunakan, entah kenapa kekhawatiran tersebut tidak muncul. Hal ini mungkin disebabkan oleh bahan bingkai kacamata yang mengandung bahan plastik khusus.

Meski bahannya plastik, kacamata ini tetap tidak terlihat “murahan”, karena memiliki bahan engsel logam yang menghubungkan bingkai lensa dengan pegangannya.

Keunikan lainnya dari perangkat ini adalah tingkat ketahanannya terhadap air dan debu dengan rating IP54. Artinya perangkat ini aman dari debu yang beterbangan, keringat, cipratan air, atau air hujan.

Lensa dapat melindungi mata

Seperti disebutkan di atas, JBL Soundgear Frames adalah kacamata audio jenis kacamata hitam. Dengan kata lain, kacamata ini tentunya nyaman dipakai saat berada di luar ruangan dengan banyak cahaya atau terkena sinar matahari yang cukup terik.

Hal ini bisa terjadi karena lensa kacamata akan membantu meredam cahaya agar tidak mencolok mata. Sehingga penggunanya akan tetap nyaman dan aman melihat kondisi sekitar.

Bagi masyarakat yang memiliki minus atau plus, dapat mengganti lensa kacamatanya dengan mengunjungi dokter atau ahli kacamata.

Jadi, JBL Soundgear Frames bisa terus digunakan sesuai kondisi kesehatan mata penggunanya.

Selain lensa, pengguna juga dapat memilih salah satu dari dua bentuk bingkai lensa kacamata, bisa bulat atau persegi, sesuai gayanya.

Memiliki fungsi seperti TWS

Aksesori kacamata audio JBL Soundgear Frames memiliki fungsi seperti TWS. Pada pegangan kiri dan kanan dekat speaker, perangkat ini memiliki sensor berlogo “JBL” yang dapat disentuh untuk memutar atau menjeda musik.

Fungsi sensor ini juga dapat diatur melalui aplikasi JBL Headphones yang dapat diunduh di ponsel Android atau iOS (iPhone).

Beberapa fungsi lain yang dapat diterapkan oleh sensor ini antara lain fungsi volume, memutar lagu berikutnya atau sebelumnya, dan menjawab atau menolak panggilan telepon.

Saat pengguna sedang ngobrol dengan kerabat di sebelah kanan, misalnya. Audio dari bar sebelah kanan bisa dinonaktifkan agar aktivitas ngobrol tetap lancar tanpa ada gangguan.

Masih soal pegangannya, setiap pegangan JBL Soundgear Frames dilengkapi dengan konektor USB-C yang berfungsi untuk mengisi daya perangkat. Konektor ini terletak tepat di bawah sensor bertuliskan JBL.

Baca Juga : Refresh Rate di Ponsel dan Mengapa Penting di Dunia Gaming?

Related Post

error: Content is protected !!