Game Lama “Diablo” Bisa Dimainkan Melalui Browser PC

Game Lama "Diablo" Bisa Dimainkan Melalui Browser PC
Game Lama "Diablo" Bisa Dimainkan Melalui Browser PC

KOMPAS.com – Game lama yang dirilis tahun 1997, Diablo, beserta konten tambahannya (ekspansi), Diablo: Hellfire, kini bisa dimainkan melalui browser di komputer (PC) dan seluler.

Diablo merupakan game bermain peran aksi (Action RPG) yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment untuk platform PC, PlayStation (PS), dan MacOS. Ini merupakan game pertama dalam franchise Diablo yang mencakup empat game utama yaitu Diablo (1997), Diablo II (2000), Diablo III (2012), dan yang terbaru Diablo IV (2023).

Diablo versi web alias Diabloweb adalah proyek sumber terbuka yang dikembangkan oleh pengembang bernama d07RiV. Artinya ini bukan proyek resmi dari Blizzard Entertainment.

Proyek yang dibagikan di situs programmer GitHub ini didasarkan pada DevilutionX, proyek sumber terbuka lainnya yang membuat versi asli Diablo berjalan dengan baik di sistem operasi (OS) PC modern.

Mekanismenya, gamer harus mengunjungi link berikut untuk memainkan Diablo. Saat membuka situs tersebut, pengguna akan disambut dengan tiga menu, yakni “Pilih MPQ“, “Mainkan Shareware”, dan “Kelola Simpanan”.

Menu “Pilih MPQ” digunakan untuk mengunggah file Diablo ke situs. Hal ini dilakukan karena proyek ini tidak menyertakan file game Diablo. Jadi, pemain harus menyiapkan sendiri file Diablo yang diberi nama DIABDAT.MPQ.

File ini dapat diperoleh dari kaset fisik game Diablo asli. Pemain juga dapat membeli game tersebut dari platform distribusi game digital, GOG, lalu mengambil file DIABDAT.MPQ dari direktori instalasi game.

Jika tidak memiliki file ini, pengguna bisa mengakses menu “Play Shareware” untuk memainkan shareware alias demo Diablo di browser.

Demo Ini Memiliki Konten Terbatas

Berbeda dengan menu “Select MPQ” yang memungkinkan gamer menikmati keseluruhan permainan Diablo.

Pada awal permainan kita diminta untuk memilih kelas yang terbagi menjadi Warrior, Rogue dan Sorcerer. Versi Shareware hanya menampilkan karakter Warrior.

Ketiga kelas ini memiliki atribut yang berbeda-beda, misalnya Warrior memiliki kekuatan tertinggi, sedangkan Sorcerer dibekali dengan kemampuan sihir terkuat. Setelah memilih karakter, kita mengisi nama karakter tersebut sebelum akhirnya dibawa ke dalam permainan.

Tampilan game ini kurang lebih sama dengan Diablo versi originalnya, kita bisa menggunakan mouse komputer untuk berjalan dan mengklik berbagai menu yang tersedia. Semua tombol ini terasa responsif terhadap sentuhan, dan kami tidak mengalami lag apa pun saat memainkan Diablo versi web.

Gerakan mouse dan kontrol lainnya dilakukan dengan sentuhan jari.

Di bawah Diabloweb versi mobile terdapat tiga tombol bantuan seperti klik kanan mouse. Dengan begitu, pengalaman bermain game di browser PC dan seluler didesain sama.

Dari segi gameplay, kita bisa masuk ke dalam gua dan melawan berbagai musuh yang ada di dalamnya, seperti Skeleton. Ketika “darah” alias hit point (HP) hampir habis, kita bisa menggunakan item Potion of Healing untuk menambah darah.

Namun kita tidak bisa berinteraksi dengan non-playable character (NPC), karena fitur ini hanya tersedia dalam versi full version alias bukan demo. Untuk keluar atau menyimpan progres game, kita bisa menekan tombol “Esc” pada keyboard.

Baca Juga : Pengguna WordPress Update Plugin Ini, Ada Celah Keamanan Berbahaya

Related Post

error: Content is protected !!